keripikkeripikpisang

Just another WordPress.com site

Keripik Pisang Kaya Akan Serat

Cemilan keripik pisang ternyata cukup terkenal dibeberapa negara diantaranya Indonesia, India, Philippine, dan Amerika Latin. Keripik pisang atau banana chips bentuk dan prosesnya hampir sama dengan keripik kentang yang sering kita jumpai di supermarket. Rasanya gurih dan renyah. Tapi keripik pisang yang di produksi di Indonesia khususnya daerah Lampung mempunyai rasa yang beragam, mulai dari rasa gurih, manis, coklat, keju, susu, kopi dan masih banyak yang lainnya. Dari segi rasa tentunya keripik pisang asal lampung tidak kalah dengan keripik pisang asal negara lain.

Selain dari cita rasa keripik pisang yang lezat, ternyata keripik pisang mempunyai manfaat lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Fakta menyatakan bahwa Keripik pisang mengandung serat yang lumayan tinggi yaitu 2.2 gr untuk 1  ons keripik pisang. Sedangkan untuk 1 buah pisang besar mengandung serat 3.5 gr. Serat sangat diperlukan untuk tubuh kita, karena serat yang mempengaruhi pencernaan dan dapat memberikan rasa kenyang sehingga mencegah kita untuk makan yang berlebihan. Selain itu juga serat dapat mengontrol kadar kolestrol dalam  darah.

Berikut beberapa manfaat serat untuk tubuh kita :

  • Serat tidak hanya membuat perut terasa lebih penuh, tapi juga mengurangi masalah pencernaan, termasuk memangkas resiko kanker kolon.
  • Beberapa penelitian menunjukkan, dalam jumlah besar serat bisa membantu mengatur kadar gula darah dan insulin. Ini sebabnya, orang yang sering mengkonsumsi serat cenderung lebih langsing.
  • Asupan serat tinggi terbukti memperlambat timbulnya plak oleh kolesterol pada wanita yang menderita penyakit jantung.
  • Konsumsi serat yang cukup akan melindungi jantung dengan menurunkan kolesterol jahat tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. Ini karena pangan tinggi serat umumnya rendah kandungan lemak jenuh dan kolesterol.
  • Serat membuat makan jadi lebih lambat dan perut cepat terasa penuh, sehingga cocok untuk metode menurunkan berat badan dan mengontrol kalori.
  • Adanya serat meningkatkan pelepasan enzim pencernaan dan mengatur hormon pankreas.
  • Serat yang cukup membantu kerja usus, mengurangi resiko divertikulosis, wasir, serta meningkatkan kecepatan melenyapkan zat-zat berbahaya dalam makanan.
  • Serat yang larut sangat lembut dan dapat menolong mereka mengalami iritasi pada usus

Jadi, mengkonsumsi keripik pisang untuk kesehatan tubuh adalah salah satu pilihan yang baik. Selain dari rasanya yang lezat, ternyata keripik pisang juga bermanfaat untuk kesehatan.

Leave a comment